Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less oleh Greg McKeown

Ringkasan

Sebuah buku yang sangat powerfull; berisi tentang hidup penuh kesadaran, fokus pada hal-hal yang paling penting dan merencanakan hidup untuk mencapai kontribusi tertinggi yang kita inginkan. Greg McKeown menjelaskan tentang bahaya jika tidak mampu mendeteksi trade off, pentingnya berkata tidak, dan pentingnya bermain dan beristirahat.

Point Penting

Apa itu essentialist?

“Para Essentialist menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplorasi, mendengarkan, bertanya dan berpikir. Tetapi eksplorasi tidak berhenti disana. Tujuan mengeksplorasi adalah memisahkan antara hal yang yang paling vital dari banyak hal yang tidak penting.”

Essentialism adalah praktek hidup yang membuat kita secara sadar mendesain hidup yang didalamnya kita menemukan hal-hal yang paling vital dan berarti, meng-eliminasi hal-hal yang tidak penting, dan membuat sebuah kondisi dimana kita bisa berkontribusi terbaik. Intinya, essentialism tentang mengeliminasi gangguan di dalam hidup kita jadi kita bisa menggunakan waktu dan energi kita untuk hal yang penting.

“Cara hidup essentialis adalah hidup dengan rencana, bukan mengalir apa adanya. Dibanding bersikap reaktif, essentialist dapat menemukan hal paling vital, mengeliminasi hal yang tidak penting, menghilangkan gangguan sehingga pekerjaan yang dikerjakan dapat berjalan lancar. Dengan kata lain, essentialism adalah sebuah pilihan hidup yang tersistem dimana kita menemukan hal vital yang membuat kita dapat mencapai kontribusi terbaik sehingga hidup menjadi lebih mudah.”

Sibuk adalah ukuran terburuk untuk kesuksesan

“Bagaimana kalau kita berhenti melabeli sibuk sebagai ukuran sukses? Bukankah lebih tepat jika sukses adalah memiliki banyak waktu mendengarkan, menikmati waktu dengan orang-orang yang penting di dalam hidup kita.”

Sibuk adalah signal yang sangat buruk untuk mengukur kesuksesan. Pandangan bahwa tidak sibuk sama dengan tidak sukses, orang sibuk itu sukses. Meh, keyakinan itu sangat menyesatkan. Hal yang paling penting adalah menemukan hal yang paling berarti lalu mengejarnya dan mengusahakannya terus menerus. Tapi untuk sampai ke titik itu, kita perlu memberikan waktu dan ruang untuk mendengarkan, berpikir, istirahat dan bermain. Saat kita tenang, kita akan dapat menemukan sinyal yang kita cari di dalam dunia yang penuh noise.

Merenungkan begitu singkatnya hidup

“Keberanian yang kita butuhkan untuk menemukan jalan yang tepat adalah melakukan refleksi betapa singkatnya hidup dan apa yang ingin kita capai di sedikitnya waktu yang tersisa.”

Hidup ini singkat, banyak orang yang tahu akan hal ini, tapi seberapa sering kita mengingatnya di dunia nyata, di keseharian kita dan saat kita mengambil keputusan? Yang pling sering terjadi adalah kita menghabiskan menit demi menit dari waktu yang kita punya, lalu menjadi hari bulan hingga tahun, padahal waktu kita terbatas. Para essentialist secara sadar paham benar dengan singkatnya hidup dan menggunakannya untuk hal-hal yang benar-benar berguna dan diperlukan.

Memilih pilihan

“Skill terpenting dalam menjadi essentialist adalah mampu memilih pilihan, di setiap aspek kehidupan.”

Skill pertama yang menentukan apa yang penting dan secara sadar mendesain sebuah hidup yang bermakna adalah kemampuan untuk memilih respon di situasi apapun atau masalah apapun yang anda hadapi. Saat anda memiliki kemampuan memilih dengan penuh rasa syukur, dibanding amarah, dengan sabar, dibanding frustasi, anda sedang menuju sebuah jalan hidup yang lebih baik.

Realita trade off

“Seorang Nonessentialist menghadapi trade off dengan berkata, “Apakah aku bisa mengerjakan semuanya?”. Essentialist akan bertanya lebih dalam “trade off apa yang aku sukai” Essentialist membuat trade off dengan sengaja. Dia sengaja menghadapinya dibanding pasif menunggu.

jika anda seperti kebanyakan orang, anda tidak akan menyadari pentingnya trade off didalam hidup. jika seseorang meminta bantuan selama 20 menit, sangat mudah berkata iya untuk permintaan itu daripada berkata tidak karena permintaan tersebut menghalangimu menyelesaikan project yang lebih penting.

Untuk menghindari jebakan ini, anda perlu menyadari bahwa anda tidak dapat melakukan segalanya yang anda inginkan didalam hidup.

Saat anda menerima kenyataan bahwa menghabiskan waktu untuk A berarti waktu tersedia akan lebih sedikit untuk melakukan B, daripada percaya bahwa dapat melakukan 2 hal sekaligus. Anda seharusnya memprioritaskan dan mengeksekusi tugas terpenting dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan.

Pentingnya bermain

“Bermain membuat pikiran kita rileks dan membuat pikiran kita mampu mengeksplore ide baru atau menggunakan ulang ide lama dengan cara yang baru. ini membuat kita lebih bersemangat, Bermain sangat penting dalam kehidupan seorang Essentialist.”

bermain membuat kita recharge, kreatif dan bersemangat. Tetapi berapa banyak orang dewasa memprioritaskan bermain secara rutin di hidupnya? sangat sedikit. Bukan karena anda bukan lagi seorang anak anak kemudian anda tidak perlu bermain. Jika anda lebih banyak bermain didalam hidup, anda akan merasakan peningkatan kemampuan untuk berpikir.

Kenapa tidur tidak dapat dinegosiasi

“Jika melindungi aset berharga itu sangat penting , kenapa anda mengorbankan waktu tidur nyenyak anda begitu mudah? Untuk para pengejar target, sebagian besar berpikir dengan tidur lebih sedikit maka mereka akan mendapatkan lebih banyak, hal ini adalah keyakinan yang salah. Banyak riset yang menunjukkan bahwa dengan tidur yang cukup membuat kita lebih produktif bukan sebaliknya.”

Sebagai seorang yang selalu over target, akan mudah memberikan nasihat atau berpikir dengan mengorbankan sedikit tidur maka akan membuatmu lebih produktif. Padahal, tidur sangat penting untuk mendukung produktifitas dan recovery, dan jika anda ingin menjadi high-achievers, anda tidak akan mengorbankan tidur untuk beberapa menit tambahan bekerja.”

Hal apa yang perlu kita Tolak (katakan Tidak)

“”Hal apa yang akan anda katakan tidak?” Ini adalah pertanyaan yang akan menunjukkan prioritas utama anda. Ini adalah pertanyaan yang menunjukkan jalan terbaik untuk tim dan bisnis anda.”

Pertanyaan yang berkualitas membuat hidup yang berkualitas. Jika anda bingung tentang apa yang perlu anda prioritaskan di setiap harinya, setiap minggunya, bulan atau tahun, tanyakan kepada diri anda sendiri, “Hal apa yang akan anda tolak atau katakan tidak?” Menanyakan pertanyaan tersebut akan membantu anda menemukan beberapa hal yang penting yang akan membuat perbedaan.

Cukup jelas itu tidak jelas

“Atasan tempat saya bekerja sering mengatakan bahwa strategi dan tujuan perusahaan “cukup jelas”, untuk mengatakan bahwa itu cukup. Tetapi setiap orang yang menggunakan kacamata tahu bahwa ada perbedaan besar antara cukup jelas dan sangat jelas!”

Jika saya bertanya kepada anda tentang prioritas anda, maka hal tersebut haruslah sederhana dan jelas sehingga anda bisa menjelaskannya secara instan. Jika prioritas anda hanya “cukup jelas”, anda akan meragukannya dan bingung bagaimana mengalokasikan waktu anda, dan anda akan menyerahkan waktu anda lebih mudah dengan pekerjaan-pekerjaan yang tidak begitu penting.

“Saat ada ketidak jelasan level akut tentang goal, tugas dalam sebuah tim maka anggota tim akan tidak termotivasi, merasakan stress, bingung, frustasi. tetapi saat ada kejelasan yang nyata akan terjadi sebaliknya, anggota tim akan terbakar semangatnya”

Satu keputusan yang mengeliminasi ribuan

“Sebuah keputusan yang essential memiliki 2 ciri, inspirasional dan konkrit, serta berarti dan dapat diukur. Jika diputuskan secara benar maka keputusan essential seperti memutuskan satu dari seribu pilihan. Ini seperti keputusan kenapa anda mau jadi dokter bukan pngacara.”

Di dalam hidup anda, identifikasikan suatu keputusan yang akan mengeliminisi banyak pilihan di masa depan. Misalnya, anda memutuskan untuk selalu berkata jujur, anda telah mengeliminasikan banyak skenarion kejadian di masa depan yang memungkinkan anda akan berbihing, karena anda telah memutuskan untuk jujur sepanjang waktu, anda hanya perlu melakukan satu hal: jujur.

Memilih jangka panjang diatas jangka pendek

“Essentialist menerima bahwa ia tidak akan cocok dan diterima orang setiap waktu, Berkata tidak meskupin dengan sopan, beralasan dan dengan hormat memiliki harga konsekuensi sosial yang perlu dibayar. Tetapi menjadi essentialist dalam jangka panjang akan lebih bermakna di jangka panjang atau waktu yang lebih lama”

Satu skill terpenting dari menjadi essentialist adalah berkata tidak kepada hal-hal yang tidak membuat anda melakukan hal-hal yang bermakna dan membuat anda berkontribusi pada level terbaik. Contohnya jika ada teman mengajak makan malam di luar, sedangkan anda sedang mengejar deadline submit draft pertama buku anda, anda akan berkata tidak untuk makan malam bersama dan berkomitmen menyelesaikan draft buku anda.

Satu pertanyaan yang membantu dalam membuat prioritas

“Ya, saya akan membuat pekerjaan ini prioritas, mana pekerjaan yang lain yang akan saya turunkan prioritasnya untuk memberikan prioritas ke pekerjaan ini”

Jika bos anda memintamu untuk memulai pekerjaan baru, jangan sekedar berkata ya. Jika pekerjaan anda sudah padat. berhentilah dan katakan dengan jelas bahwa anda akan mengatur ulang prioritas anda untuk mengerjakan pekerjaan baru tersebut, tetapi memprioritaskan ulang juga berarti akan ada pekerjaan yang tidak diprioritaskan yang tidak akan selesai dengan baik. Jika anda melakukan hal ini secara konsisten maka anda akan sangat jarang ada di situasi dimana anda akan mempunyai banyak pekerjaan menumpuk yang tidak bisa anda selesaikan.

Progress adalah bentuk terbaik dari motivasi

“Riset menunjukkan bahwa dari semua bentuk motivasi manusia yang paling efektif adalah merasa ber-progress. Kenapa? karena sebuah progress meskipun kecil membuat momentum dan menunjukkan keyakinan bahwa kita sudah ada di jalan yang benar menuju kesuksesan”

Berproses itu memotivasi, saat kita melihat prosess, kita merasakan momentum dan yakin akan kesuksesan suatu pekerjaab. Jadi saat memulai sebuah pekerjaan besar, mulailah bekerja dengan pekerjaan-pekerjaan yang membuat anda termotivasi melihat progress.

Menggunakan pengungkit kekuatan Rutinitas

“Bagi sebagian orang, rutinitas berarti saat kreatifitas dan inovasi mati–ditelan kebosanan. Tetapi rutinitas yang baik dapat meningkatkan inovasi dan kreatifitas dengan memberikan kita ekstra energi. Dibanding harus menghabiskan energi untuk memutuskan sesuatu yang berulang melibatkan rutinitas membuat kita hemat energi dan melakukan pekerjaan rutin tanpa banyak mengeluarkan tenaga dan fokus kita dapat diberikan kepada hal penting lainnya.”

Rutinitas menghemat energi kita. Rutinitas membuat kita dapat fokus kepada hal yang penting.

1 tanggapan pada “Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less oleh Greg McKeown”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *